Assalamu'alaikum.
gimana kabarnya hari ini anak-anakku semuanya, stay at home ya jaga kesehatan , rajin ibadah semangat baca bukunya. Hari ini kita mulai belajar yaa untuk kelas 8 MTs Muhammadiyah Lampung dengan panduannya LKS BAHASA LAMPUNG. Kita lanjut materi Bahasa Lampung Kelas 8 dengan materi baru BAB tentang Musium Lampung. Kalian tugasnya harus dibaca tuntas dipahami materi Musium Lampung di LKS Halaman 27 yang sudah Bapak terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.
----------------------------------------------------------------------------------------------------


MUSIUM LAMPUNG

A. Sejarah Musium Lampung

Pembangunan gedung musium Lampung dimulai tahun 1975. Peletakan batu pertama pembangunan itu dihadiri Kepala Kantor Pembinaan Permuseuman Perwakilan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Tanjung Karang Drs. Supangat tanggal 13 Juni 1978. Selanjutnya pembanguna meseum Lampung baru dan diresmikan Dr. Fuad Hasan tanggal 24 September 1988 tempatnya di Jalan H. Zainal Abidin Pagar Alam No. 64 Gedong Meneng, Bandar Lampung.

Didakam museum ada 9 jenis koleksi. Koleksi-koleksi itu dapat kalian lihat dibawah ini:
1. Koleksi Geologika yakni koleksi yang terdiri dari benda -benda bukti sejarah alam dan lingkungan.

2. Koleksi Biologika yaitu koleksi yang berhubungan dengan lingkungan dan ilmu biologi.

3. Koleksi arkeologika yaitu koleksi benda-benda bukti peninggalan masa pra sejarah, zaman hindu-budha dan masuknya agama Islam di Lampung.

4. Koleksi Historika yaitu koleksi benda-benda yang mempunyai nilai sejarah dan hal-hal yang berhubungan dengan perjuangan kepahlawanan di Lampung.
Contoh: Meriam Radin Intan II, besi untuk membuka ladang, Payan dan pedang pahlawan Radin Intan II

5. Koleksi etnologika yaitu koleksi benda-benda yang digunakan orang Lampung dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh: pakaian adat pepadun dan pesisir/sai batin dengan perlengkapannya, alat-alat daur hidup dan rumah adat.


6. Koleksi Filologika yaitu kumpulan peninggalan seperti tulisan atau naskah kuno yang ditulis tangan diatas kulit kayu, bambu, dan daun lontar. Tulisan itu ada yang digunakan untuk pengobatan, ramalan, perjodohan, penghasilan dan tolak bala.

7. Koleksi seni rupa yaitu koleksi benda yang mempunyai kekuatan seni. benda-benda itu di buat dengan nilai karsa dan rasa orang yang diungkapkan langsung nyata dalam bentuk dua atau 3 dimensi. Contoh : lukisan gedung lelang karya bapak Abas Alibasya dan lukisan Ikan Tulang Bawang karya Bapak Edy Suherly.

8. Koleksi Teknologika yaitu koleksi perkakas yang dibuat digunakan teknologi secara tradisional, umumnya berupa perkakas untuk mencari kebutuhan hidup.
Contoh: Alat tenun

9. Koleksi Heraldika yaitu kumpulan peninggalan benda-benda pos, dan macam-macam duit yang dibuat dari kertas dan logam.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------




CATATAN:

  • Kalau sudah dibaca dipahami, dibawah kolom Postingan Komentar di Tulis Nama Lengkapnya _ Kelas Berapa _Sudah Dibaca ( sebagai bukti kalian sudah baca sampai tuntas).
  • Kalau ada yang mau ditanyakan bisa tanya di grup WhatsApp atau bisa japri Bapak

Komentar

  1. Nama saya=Anggun saputri
    Kelas=8Reguler
    Saya sudah membaca sampai Tuntas
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Nama saya=Anggun saputri
    Kelas=8Reguler
    Saya sudah membaca sampai Tuntas
    Terimakasih

    BalasHapus
  3. Nama saya :Ranitri hadijah
    Kelas. :8reg
    Saya sudah membaca sampai tuntas
    Terima kasih pak dasa

    BalasHapus
  4. Nama: Astri Rafita
    Kelas : 8Reguler
    Saya sudah membaca sampai tuntas
    Terimakasih

    BalasHapus
  5. Nama : devisifaAzahra
    Kelas : 8 reguler
    Saya sudah membaca sampai tuntas
    Terimakasih..

    BalasHapus
  6. Nama : Nabila Azzikra
    Kelas: 8Reguler
    Saya Sudah membaca sampai Tuntas
    TerimaKasih

    BalasHapus
  7. Nama : ovie jaya fitri
    Kelas: 8u1
    Saya Sudah membaca sampai Tuntas
    TerimaKasih

    BalasHapus
  8. Nama : Muhammad Dai Hari Dzikrillah
    Kelas : 8U1
    Saya sudah membaca sampai tuntas
    Terimakasih

    BalasHapus
  9. Nama:fauzan javier kz
    Kelas:8u²
    Saya sudah membaca sampai tuntas
    Terimakasih

    BalasHapus
  10. Nama: Maulana Ferris Syahputra
    Kelas:8u1
    Saya Sudah membaca sampai tuntas TerimaKasih

    BalasHapus
  11. Nama : sofa chasani w
    Kls. : 8 reg
    Saya sudah membaca sampai tuntas pak

    Pak jangan banyak tgs ya pak:)

    BalasHapus
  12. Dirghamullah Dai.A
    8u2
    Saya sudah membaca sampai tuntas

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Nama : Ananda Aughest Violet
    Kelas : VIII u.3

    Saya sudah membaca sampai tuntas, trims pak dasaaa

    BalasHapus
  15. Nama :Syifa Fahriya
    Kelas:8 Reguler
    Saya Sudah Membaca sampai tuntas TerimaKasih

    BalasHapus
  16. nama : zulfadli ibril
    kelas: 8u1
    saya telah membaca sampai tuntas terimakadih

    BalasHapus
  17. Nama:M.Surya Akbar
    Kelas:8U2
    Saya Sudah Membaca Sampai Tuntas Terimakasih..

    BalasHapus
  18. Naufal Riyadh Mumtaz26 Maret 2020 pukul 23.28

    Nama: Naufal Riyadh Mumtaz
    Kelas:8U1
    Saya Sudah Membaca slDampai Tuntas
    Terimakasih

    BalasHapus
  19. Nama:suciana
    kelas:8u2
    saya sudah membaca sampai tuntas terimakasih

    BalasHapus
  20. Nama :sahara latifull rasya
    Kelas:8U2
    Saya sudah membaca sampai tuntas
    TERIMA KASIH

    BalasHapus
  21. Nama:Nur Amalia Syifa
    Kelas:8u1
    Saya sudah membaca sampai tuntas
    Terimakasih pak dasa...

    BalasHapus
  22. Nama=Raihan Alfareza
    Kelas=8u1
    Saya sudah membaca sampai tuntas
    Terimakasih pak dasa....

    BalasHapus
  23. Nama:Erwin Wijaya
    Kelas:8u2
    Sudah membaca sampai tuntas thx pak

    BalasHapus
  24. Nama:m.aditya.maulana
    Kelas:8u3
    Saya sudah membaca sampai selesai
    Makasi pak dasa

    BalasHapus
  25. Nama: karina aini
    Kelas: 8 u1
    Saya sudah membaca tuntas pak
    Makasih

    BalasHapus
  26. Nama=rafii fadlurrahman yusuf
    kelas=8u3
    Saya sudah membaca sampai selesai, terimakasih pak dasa

    BalasHapus
  27. Nama:Aulia Fatimah Az-zahra
    Kelas 8u2
    Saya sudah membaca sampai selesai terimakasih pak dasa

    BalasHapus
  28. Nama:Amanda sagita putri
    Kelas:8u1
    Saya sudah membaca sampai tuntas terimakasih pak dasa

    BalasHapus
  29. Nama : Messy Dwi Lestari
    Kelas: 8U2
    Saya sudah membacanya dengan seksama sampai dengan selesai.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  30. Nama:utari
    Kelas:8u1
    Saya sudah membaca sampai selesai terima kasih pak dasa

    BalasHapus
  31. Nama :Reval iy'iv vs
    Kelas:8 reg
    Saya sudah membaca nya pak makasih pak dasa

    BalasHapus
  32. Nama: Handhika Arya p.
    Kelas:8 u1
    Saya sudah membacanya pak makasih materinya

    BalasHapus
  33. Assallamua'llaikum pak
    Nama:fitrianaNurjannah
    Kelas:8u²
    Pak saya udh baca sampai tuntas
    Terima kasih pak🙏

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum pak
    Nama:naila Ansyaria m
    Kelas:8u3
    Saya sudah baca sampai selesai terimakasih pak

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum Pak
    Nama:Lita Riana
    Kelas:8U2
    Saya Sudah Baca Sampai Selesai Pak
    Terima Kasih Materinya

    BalasHapus
  36. Assalamualaikum Pak
    Nama:Lathifah Salma
    Kelas:8U1
    Saya Sudah Baca Sampai Selesai Pak
    Terima Kasih Materinya

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum pak
    Nama:Achmad Zaidz A.
    Kelas:8U3
    Saya sudah baca sampai selesai terimakasih pak

    BalasHapus
  38. Nama:zulaiha wardatul aini
    Kelas:8u²
    Saya sudah membaca sampai tuntas
    Terima kasih pak

    BalasHapus
  39. Nama:Mahdalena Agustin
    Kelas:8u2
    Saya sudah membaca sampai tuntas terimakasih pak

    BalasHapus
  40. Nama : Teguh Pramono
    Kelas : 8u3
    Saya sudah membaca sampai tuntas
    Terimakasih pak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer